Cara Menghapus Backlink Spam lewat Google Disavow Link

Cara Menghapus Backlink Spam lewat Google Disavow Link

Seperti yang diketahui backlink dipergunakan agar Anda bisa melakukan optimasi secara optimal. Namun, terkadang sudah pasang backlink banyak namun justru membuat website menurun kualitasnya. Salah satu penyebabnya adalah karena backlink spam atau yang tidak berkualitas. Ada cara menghapus backlink tersebut dengan menggunakan Google Disavow Link.

Sebelum menghapus, Anda harus mengecek lebih dahulu backlink yang berkaitan dengan website Anda. setelah itu, cek mana saja yang hasilnya kurang bagus dan mana yang perlu dipertahankan. Untuk mengeceknya, Anda bisa menggunakan tools seperti Moz, Ahrefs ataupun majestic. Hindari menggunakan tools gratis agar Anda mendapatkan hasil yang akurat dan tidak salah hapus.

Lantas, Apa Itu Google Disavow Link Tool?

Tool ini merupakan salah satu bagian dari google webmaster yang berfungsi untuk mengurangi nilai dari backlink spam. Dengan begitu, Anda bisa mencegah ‘hukuman’ karena link, misalnya link spam.

Sadar atau tidak, jumlah backlink yang meningkat ini salah satunya dipengaruhi oleh pembaruan data dari algoritma Google Penguin. Karena itu, Anda perlu menghapus link yang tidak perlu dan berkualitas jelek agar website Anda tetap dalam kondisi baik.

Cara Menghapus Backlink Spam lewat Google Disavow Link
Cara Menghapus Backlink Spam lewat Google Disavow Link

Cara Menggunakan Google Disavow Link

Sebelum menggunakan Google Disavow link, maka Anda harus masuk terlebih dahulu ke webmaster yang Anda miliki. Setelah masuk, baca disini untuk langkah selanjutnya:

  • Klik menu link di bagian sidebar.
  • Di bagian menu yang ada di sebelah kanan, scroll dan kemudian cari ‘Top Linking Sites’. Klik ‘more’.
  • Lalu cek link tersebut apakah link tersebut benar milik Anda atau bukan.
  • Setelah tahu mana saja link yang perlu untuk dihapus, cara menghapus backlink selanjutnya adalah dengan buat daftarnya. Lalu tuliskan atau isi domain yang ingin ditolak sebagai backlink, misalnya domain:domainspamditolak.net.
  • Jika sudah, buka disavow link yang ada di webmaster.
  • Di bagian pilih domain lalu klik disavow links.
  • Nantinya akan muncul notifikasi sebelum Anda benar-benar menghapus link tersebut. Tujuannya agar anda nanti tidak kecewa setelah menghapus link yang Anda anggap spam.
  • Unggah daftar link yang akan dihapus yang sudah Anda buat sebelumnya. Pastikan jika format dari file tersebut adalah txt. Setelah diunggah, klik submit.
  • Kemudian klik done.

Hal yang perlu diperhatikan adalah, penolakan domain ini atau penghapusan link butuh waktu yang tidak bisa ditentukan, terutama ketika link yang Anda hapus cukup banyak. Saat menunggu proses selesai, anda bisa memanfaatkan waktu Anda untuk mengunggah konten terbaru di website Anda. Tujuannya agar google menganggap website Anda adalah website aktif.

Dengan cara menghapus backlink tersebut, Anda tidak perlu lagi bingung jika mendapati link rusak atau spam. Selamat mencoba dan semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk Anda.