Apa yang Dimaksud dengan Green Screen?

clipper with green screen

Dalam pengambilan video atau foto agar hasilnya bagus maka harus memperhatikan background. Akan tetapi jika tidak memungkinkan, misalnya pengambilan gambar di hutan belantara, penggunaan green screen dapat menjadi pilihan yang tepat.

Walaupun green screen ini sudah sering dipergunakan dalam pengambilan video ataupun foto, namun sebagian orang masih bingung tentang green screen. Misalnya, apa sih fungsinya dan mengapa harus hijau? Simak informasi berikut ini jika Anda ingin tahu lebih lengkap ya.

Pengertian Green Screen

Green screen atau chroma key merupakan backdrop yang dipergunakan saat proses syuting yang memungkinkan background dapat dimanipulasi sesuai dengan background yang diinginkan. Tidak hanya background yang dapat Anda ganti namun Anda juga dapat memberikan efek visual sesuai dengan konsep yang ditentukan.

Jadi, dalam penggunaannya, seseorang atau para aktor akan berakting sesuai adegan seolah-olah di lokasi atau tempat yang sesuai skrip. Proses pengubahan background ataupun foreground, tergantung letak greenscreen, akan dilakukan di proses editing.

green screen
penggunaan green screen saat acara berita

Lantas, Kenapa Harus Warna Hijau?

Warna hijau dipergunakan sebagai kunci kroma karena warna ini tidak akan menyamai rambut ataupun kulit manusia. Jadi jika pengeditan dilakukan, bagian tubuh dari objek seperti kulit ataupun rambut tidak ikut hilang.

Apakah bisa menggunakan warna lain selain hijau? Bisa! Misalnya warna biru. Warna biru yang digunakan adalah biru cerah dan bukan biru gelap atau biru dongker.

Warna biru tersebut tidak hanya dipergunakan untuk background namun juga untuk kostum aktor. Tujuannya agar proses penyuntingan akan lebih mudah dan menyerupai objek asli dengan CGI (Computer generated imagery).

Hal Penting dalam Green Screen

Walaupun green screen akan sangat membantu Anda saat syuting, namun, jika tidak dilakukan dengan benar, hasilnya akan kurang maksimal. Misalnya ada bagian wajah yang ikut teredit karena ada sinar atau cahaya hijau karena green screen tersebut. Karena hal tersebut, jika Anda menggunakan green screen, perhatikan mengenai hal berikut ini.

  • Lighting dan Tekstur

Anda harus menggunakan teknik lighting yang tepat. Misalnya dengan menggunakan 2 lighting sehingga pencahayaan di sekitar objek menjadi lebih merata.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan teksturnya. Apakah ada bagian yang bergeronjal, berlubang atau tidak. ini karena tekstur akan berpengaruh pada pengeditan tersebut. Jadi, agar hasilnya maksimal, maka Anda harus menggunakan green screen dengan tekstur yang rata dan halus.

  • Wardrop

Karena Anda menggunakan green screen, maka hindari penggunaan wardrobe, misalnya baju dan aksesorisnya yang memiliki warna yang sama dengan warna hijau. Sebaiknya, hindari pula penggunaan warna biru sehingga tidak ikut hilang saat proses editing.

  • Beri Jarak

Berikan jarak antara kamera dan object. Salah satu tujuannya agar tidak ada kebocoran objek, misalnya stand lighting yang masuk dalam frame. Selain itu, objek yang terlalu dekat dengan kamera akan membuat pantulan warna hijau terlihat jelas.

Semoga informasi ini membantu Anda untuk mendapatkan video dengan lebih baik menggunakan green screen ya.