4 Inspirasi Desain Rumah Bambu Jepang

4 Inspirasi Desain Rumah Bambu Jepang

personenfinden.net – Desain rumah bambu Jepang telah menarik perhatian global selama beberapa dekade ini. Filosofi Zen yang digunakan pada bangunan rumah Jepang membuat orang-orang tertarik untuk menerapkannya pada hunian idaman mereka.

Ketenangan dan sejuk merupakan kesan yang didapatkan pada rumah dengan gaya demikian. Akan tetapi sesungguhnya ada banyak cara untuk membuat desain rumah bambu Jepang menjadi otentik namun tetap dan dapat mencerminkan diri anda. Untuk mempermudah Anda, kami telah merangkumkan 6 inspirasi desain rumah bambu Jepang. Siapa tahu anda tergugah dan bisa langsung mengkonsultasikannya dengan jasa desain rumah minimalis pilihan anda.

Pintu geser dari kaca untuk menggantikan shoji

4 Inspirasi Desain Rumah Bambu Jepang
4 Inspirasi Desain Rumah Bambu Jepang (sumber: Andersblind)

Shoji atau pintu geser Jepang adalah fitur paling ikonik dari rumah bergaya Jepang. Pintu geser ini terdiri atas bingkai kayu yang dilapisi kertas. Pintu jenis ini dapat menghemat  ruang dan menciptakan suasana unik khas Jepang. Akan tetapi, pintu ini cukup rapuh dan butuh maintenance tinggi karena bahannya yang terdiri dari kertas dan kayu.

Sebagai alternatifnya, anda bisa menggunakan pintu geser dari kaca yang bentuknya menyerupai Shoji. Tak hanya tetap terlihat otentik, pintu geser akan lebih tahan lama dan tidak membutuhkan perawatan yang sulit.

Menggunakan tatami di ruangan keluarga

4 Inspirasi Desain Rumah Bambu Jepang
4 Inspirasi Desain Rumah Bambu Jepang (sumber: dezeen)

Tatami adalah bagian dari gaya hidup tradisional Jepang yang akan menambahkan nilai otentik pad rumah gaya bambu Jepang. Tatami adalah karpet yang terbuat dari jerami yang biasa digunakan di rumah tradisional Jepang. Tatami berfungsi untuk mengatur kelembapan interior selama musim panas dan musim dingin.

Anda dapat menggelar tatami di salah satu ruangan untuk menambahkan gaya Jepang yang otentik. Tatami tersebut dapat dipadankan dengan meja rendah beberapa bantal duduk sehingga Anda bisa duduk di lantai dengan nyaman.

Perlu diingat bahwa tikar tatami mungkin sulit dibersihkan, oleh karena itu anda bisa menggunakan tikar tatami buatan sebagai alternatif.

Buat Engawa atau beranda yang mengelilingi sekitar rumah

4 Inspirasi Desain Rumah Bambu Jepang
4 Inspirasi Desain Rumah Bambu Jepang (sumber: Tezuka-arch.com)

Jika Anda senang menonton anime atau menyukai desain Jepang, Anda mungkin pernah mendengar tentang engawa. Seringkali menjadi

tempat untuk bercengkrama dan minum teh, Engawa adalah sejenis beranda yang membentang di sekitar tepi luar rumah. Pada rumah tradisional Jepang, beranda ini biasanya seluruhnya terbuat dari kayu keras. Akan tetapi, anda bisa mendesain engawa versi anda sendiri di rumah.

Ruang Zen untuk meditasi

Menurut filosofi Jepang, rumah adalah tempat seseorang untuk menenangkan diri dan istirahat dari hiruk pikuknya dunia. Karena itu, pabila anda memiliki ruang lebih, anda bisa mendedikasikannya sebagai tempat bermeditasi atau sekedar untuk menenangkan diri. Dekorasi ruangan tersebut dengan bantal serta karpet empukt dengan dinding kedap suara. Sebagai sentuhan terakhir, tambahkan air mancur kecil atau saluran air yang dapat menghasilkan suara tenang dari air yang mengalir, dan ruang meditasi yang sempurna siap digunakan setiap anda bangun pagi atau malam ketika selesai menjalani hari.